Sejarah Piano

Posted: 28 Mei 2011 in Music, Pengetahuan

Pada awalnya, alat musik yang paling mirip dengan piano adalah  gravecembalo col piano e forte atau harpsichord, yakni alat musik dengan papan tuts lembut dan bersuara keras. Alat musik yang dimainkan dengan memencet sejumlat tuts ini sudah berusaha diciptakan sejak sekitar tahun 1440-an. Banyak orang yang berusaha menyempurnakan konsep dasar pembuatan piano ini, namun gagal. Sebab, piano merupakan alat musik yang cukup rumit. Cara kerja instrumen musik ini berhubungan dengan pemakaian senar. Menciptakan ketepatan nada indah dengan volume yang pas juga tak bisa dilakukan begitu saja. Hingga akhirnya, hanyaBartolomeo Cristofori (1655 – 1731) yang tampaknya mampu membuat inovasi piano paling sempurna. Piano buatan Bartolomeo itu dibuat pada tahun 1720.

Ini dia bentuk piano pertama

 

Memasuki abad ke-17, bentuk piano juga makin disempurnakan. Awalnya, bentuk piano cukup tinggi dan menjulang, tetapi oleh John Isaac Hawkins, bentuk piano tersebut lalu diperpendek hingga letaknya sejajar lantai. Dirasa masih kurang praktis, para seniman pembuat piano dari Jerman akhirnya berhasil membuatnya menjadi persegi yang sangat digemari masyarakat di Jerman pada tahun 1860-an.

Sebelumnya, rangka piano juga telah berusaha diciptakan dari beragam bahan dasar. Misalnya saja, awalnya rangka piano dibuat dari kayu, namun sayangnya, tegangan senar piano menjadi tak maksimal saat berada di ruang besar. Rangka piano lalu dibuat dari logam dan berhasil membuat suara piano jadi lebih keras. Tapi tentu kelemahannya, piano menjadi sangat berat saat dipindahkan. Untungnya , Erard bersaudara berhasil menemukan cara kerja baru piano yang lebih praktis, yakni double escapement action, yang kemudian dipatenkan pada 1822.

Tuts piano juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Awalnya piano hanya memiliki lima oktaf dan 62 tuts yang dilengkapi dengan pedal yang digerakkan dengan lutut. Kemudian, piano berkembang menjadi 88 tuts dan pedal yang digunakan adalah pedal yang digerakkan dengan kaki sehingga lebih mudah digunakan.

Yang paling menakjubkan dari perkembangan piano, saat ini kita bisa memainkan piano elektronik atau piano listrik yang menggunakan teknologi elektroakustik atau metode digital. Dengan teknologi yang sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1930-an ini, nada suara piano listrik bisa didengar melalui amplifier.

 

 

Iklan
Komentar
  1. Blog smp 3 pr berkata:

    just come to say hello, and have nice blog..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s